Fasilitas

Fasilitas

Fasilitas Geopark Ciletuh Sukabumi

Destinasi wisata di Geopark Ciletuh memang menunjukkan pesona alam yang istimewa, yang membuat ungkapan bahwa “Indonesia adalah cuilan surga di bumi” benar adanya. Geopark Ciletuh sendiri merupakan sebuah konsep manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati dan budaya melalui prinsip konservasi, edukasi dan pembangunan berkelanjutan. Geopark Ciletuh memiliki luas 128 ribu hektar, yang mencakup delapan kecamatan di wilayah Sukabumi.

Geopark Ciletuh juga telah diakui UNESCO sebagai Global Geopark pada April silam, berkat warisan geologi yang luar biasa. Selain itu, di dalamnya juga terdapat keanekaragaman hayati dan budaya, serta memiliki lanskap alam yang sangat istimewa. Alam yang natural dan asri juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan.

Karena keistimewaan yang ditawarkan tersebut yang pada akhirnya menarik minat banyak traveler. Apalagi, destinasi wisata di Geopark Ciletuh banyak yang belum tersentuh teknologi, alias masih alami dan mengesankan. Kamu tertarik menilik kekayaan alam dan panorama luar biasa yang ditampilkan di Geopark Ciletuh, beberapa tempat wisata di bawah ini bisa menjadi jujukan kamu untuk berwisata di agenda liburan kamu berikutnya

1. Pantai Ujung Genteng

Salah satu destinasi wisata di Geopark Ciletuh yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Ujung Genteng. Sudahlah berpasir putih, dengan pantai yang landai dan garis yang panjang, ombaknya juga cukup eksotik. Tidak hanya bisa bersantai, berjemur atau bahkan bermain di pantainya, kamu juga bisa melakukan banyak hal lain, termasuk di antaranya foto prewedding, mengingat pemandangannya yang asyik dan asri. Selain itu, spot ini juga pas untuk kamu yang tertarik menikmati sunset di Sukabumi.

2. Bukit Teletubbies, Ujung Genteng

Di Sukabumi juga terserak bukit yang menggelembung di beberapa bagian, yang menyamai bukit tempat para Teletubbies bermain. Lokasinya berada di wilayah Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap. Jika kamu ingin sekedar bersantai di sore hari, menikmati hembusan angin sejuk khas pedesaan dan mendapatkan asupan sinar matahari yang tidak terlalu kejam, sembari menikmati sejumlah gundukan tanah yang hijau, bukit Teletubbies di Ujung Genteng ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk dipilih.

3. Pantai Cimaja

Destinasi wisata di Geopark Ciletuh yang ini lebih pas didatangi bagi pecinta pantai dan olahraga surfing. Dengan ombak yang ideal untuk berselancar dan garis pantai yang panjang, beraktivitas di sini dijamin akan menyenangkan. Pantai Cimaja juga cukup mudah dijangkau dari pusat kota. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan fasilitas umum, mengingat destinasi wisata ini sudah mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah. Asyik!

4. Pantai Palangpang

Bisa dikatakan pantai ini menjadi pintu masuk ke Geopark Ciletuh dari arah laut. Tidak usah ragu dengan pemandangan yang ditawarkan karena memang keren banget!Pantainya cukup luas dan panjang, ideal sebagai spot bermain dan bersantai. Pantai ini juga dipergunakan tempat mendarat bagi kegiatan paralayang. Momen paling asyik adalah mendatangi pantai ini di pagi hari, bersamaan dengan keluarnya matahari dari ufuk timur dan pulangnya para nelayan mencari ikan. Eksotik banget!

5. Curug Puncak Manik

Merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki Geopark Ciletuh, curug tertinggi ini menyajikan pesona yang keren. Mulai dari tebing batu yang dibalut tetumbuhan hijau menambah eksotisme curug dengan debit air yang luar biasa deras tersebut. Tidak hanya itu saja, selama perjalanan menuju curug ini, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memesona, mulai dari sawah, aliran sungai hingga semburat pelangi yang bermuara di air terjun ini. Keren abis!

6. Curug Cikanteh

Ingin sedikit trekking ke tengah hujan tropis untuk menemukan surga yang tersembunyi, kamu bisa mencoba rute di Geopark Ciletuh menuju ke Curug Cikanteh yang megah. Bukan hanya memiliki debit air yang besar, atmosfer alamnya juga mendukung untuk petualangan seru kamu. Untuk bisa mencapai salah satu destinasi wisata di Geopark Ciletuh ini, kamu harus melakukan trekking selama beberapa saat, melewati sejumlah semak dan anak sungai dalam perjalanan menanjak. Namun, sesampainya di lokasi, kamu akan mendapati cuilan surga yang nyata, dengan panorama alam yang natural dan udara yang menyegarkan.

7. Bukit Darma

 

Berada di ketinggian lebih dari 230 mdpl, Puncak Darma menjadi lokasi paling pas untuk bisa menyaksikan keindahan pantai dan samudera yang luas di satu sisi, sekaligus hutan dan air terjun di Geopark Ciletuh di sisi lain. Perpaduan sawah dan hutan yang menghijau, aliran sungai dan birunya laut membuat panorama alam yang bisa dilihat dari Puncak Darma membius siapapun yang melihatnya. Momen paling asyik adalah dengan menikmati sunrise dari Puncak Darma.

8. Puncak Gebang


Sekali lagi, ada spot asyik untuk menikmati pemandangan di Geopark Ciletuh, salah satunya adalah Puncak Gebang. Keberadaan papan titian juga mempermudah pengunjung melemparkan pandangan ke penjuru wilayah. Puncak Gebang sendiri dibangun secara swadaya oleh masyarakat lokal. Memaksimalkan potensi alam dan pemandangan yang luar biasa, Puncak Gebang menjadi destinasi wisata yang pas bagi para Instagrammer kala mengunjungi Geopark Ciletuh.

9. Curug Sodong

 

Saat tiba di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan dua air terjun kembar yang mengesankan. Debit air yang cukup besar, terutama di musim penghujan, menambah kemegahan curug ini. Adanya cerukan di bawah curug menambah keunikan dari destinasi ini. Belum lagi panorama alam di sekitar curug yang asri, yang pastinya akan menjadikan kunjungan kamu ke destinasi wisata di Sukabumi ini akan sangat berkesan.

10. Curug Cimarinjung

 

Masih di wilayah Geopark Ciletuh, air terjun Cimarinjung menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang harus menjadi jujukan. Kemegahannya dan kealamiannya tetap terjaga dengan panorama alam yang indah sebagai daya tarik di sekitarnya. Suasana pedesaan yang masih alami juga menjadi magnet tersendiri untuk mengunjungi air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 50 meter itu. Debit air yang cukup melimpah dari sungai Cimarinjung membuat kamu bakal tertarik untuk bermain air sambil menikmati kesegarannya.