Curug

Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan sebuah air terjun berketinggian sekira 50 meter yang berada di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Curug Cimarinjung terletak di kawasan Cagar Alam Nasional Geologi Ciletuh dan berjarak beberapa kilometer dari pesisir Pantai Palangpang. Saat pengunjung masuk ke kawasan Desa Ciemas, curug itu sudah bisa terlihat. Suasana pedesaan yang alami terasa tatkala di sisi kiri dan kanan hamparan sawah membentang luas. Apalagi, lokasi tersebut merupakan saluran irigasi persawahan.
Memang pemandangan curug di area pedesaan merupakan pemandangan yang menyenangkan mata dan hati. Suasana alam yang masih alami dilengkapi dengan curahan air terjun mengalir sangat deras, plus pemandangan tebing bebabatuannya yang sangat memukau.

Sodong

Dinamakan “sodong” karena di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dalam istilah Sunda, cekungan yang menyerupai gua tersebut sering disebut sebagai “sodong”.
Air terjun ini memiliki nama lain selain Curug Sodong, yaitu Curug Kembar dan Curug Panganten. Nama tersebut disematkan pada air terjun ini karena memiliki aliran yang serupa atau kembar, dan mirip layaknya sepasang pengantin yang saling berpasangan.
Keunikan dari air terjun ini lainnya adalah hembusan airnya yang cukup kuat, jadi jika kamu berada tepat didepan air terjunnya, maka bajumu akan cepat basah.

Puncak Manik

Curug Puncak Manik adalah aliran air terjun yang terakhir atau paling bawah dari tiga rangkaian air terjun di Ciletuh. Berlokasi di Kampung Pasirceri, Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi .
Perjalanan menuju ke sana sungguh mengasyikan. Walaupun jalannya kurang bagus, banyak yang berlubang namun pemandangan di sepanjang jalan sangat menyejukkan mata. Disuguhi hamparan sawah yang luas berbentuka terasering. Serta segarnya udara pegunungan membuat perjalanan semakin seru.
Curug Puncak Manik merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang tersembunyi. Bagaimana tidak, perlu waktu berjam-jam untuk sampai ke curug tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh. Namun, semuanya akan terbayar dengan alam yang asri di Puncak Manik.

Curug Cikanteh

Terletak di dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Curug Cikanteh memiliki ciri khas yang terdiri dari tiga tingkatan. Masing-masing tingkatan mempunyai nama serta keunikan tersendiri, loh.
Tingkatan paling dasar bernama Curug Sodong, kemudian di tingkat kedua ada Curug Ngelai, dan bagian teratas bernama Cikanteh. Ketiga curug ini dapat kita nikmati sekaligus dalam 1 lokasi.

Curug Awang

Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar sekitar 60 meter berdinding batu alam (geopark) berwarna coklat kemerahan, seperti miniatur air terjun Niagara, siap menyambut Sobat Pesona saat menjelajahi Ciletuh Geopark. Curug Awang yang terletak di Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi adalah salahsatu curug atau air terjun yang berasal dari aliran sungai Ciletuh.
Waktu tempuh dari Curug Cikanteh ke Curug Awang memakan waktu sekitar 50 – 60 menit karena kami harus melewati jalan ke arah Puncak Panenjoan lagi yang dimana memang Curug Awang berlokasi tidak jauh dari Puncak Panenjoan.